Menjadikannya Nyata - Trading For Living

Trading For Living

Apa yang di kerjakan Trader For Living

Sangat banyak trader dan investor saham Indonesia yang hampir tiap pagi bersiap di depan monitor untuk memperhatikan pergerakan harga saham mereka. Sebenarnya apa yang mereka lakukan? Apakah mereka melakukan itu semua karena sebuah prinsip Trading for a living? Ataukah malah menjadikan perdagangan saham sebagai tempat FUN? Trading for a living bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang merasa trading for a living, namun mereka sebenarnya sudah terjebak pada sebuah pemahaman living for a trading.

Trading For a Living or Living For a Trading seperti bermain membalikan kata namun memiliki perbedaan yang sangat besar. Trading for a living adalah bagaimana kita menjadikan dunia pasar modal sebagai business atau usaha tetap kita baik seorang profesional maupun enterpreneur sebagai pegangan hidup dan sumber nafkah. Dengan design dan strategi yang profesional diharapkan mampu menafkahi kebutuhan hidup pribadi dan keluarga. Adapun Living For a Trading. Apakah perbedaannya? Living For a Trading itu adalah sebuah pemahaman fatalisme yang nantinya akan berujung kepada euphoria dan paranoid.

Trading For A Living merupakan sebuah jalan yang benar. Dengan trade for a living artinya kita memperlakukan pasar modal sebagai kendaraan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehingga tentunya dilakukan dengan sebuah strategi yang profesional dan bertanggung jawab. Sedangakan Living for a trading, kita menjadi kendaraan sekuritas dan bursa efek untuk terus melakukan aktifitas trading yang akan menjadikan kita kecanduan sehingga tidak memiliki arah dalam berinvestasi. Kita akan menjadi liar, bahkan rela meraup keuntungan hanya 3-5 point sehari tanpa memikirkan resiko yang mungkin akan ditanggung.

“Kenali diri Anda dan Anda akan memenangkan semua pertempuran.” - Sun Tzu, The Art of War
Mengetahui ciri-ciri kepribadian yang terkait dengan pedagang sukses dan hal-hal yang mereka lakukan untuk berhasil dalam perdagangan tidak membawa Anda lebih dekat untuk mencapai sukses kecuali Anda mempraktekkan apa yang Anda ketahui benar dan melakukannya secara konsisten.

Masalahnya adalah bahwa kita manusia sering tahu tetapi kita tidak melakukannya. Bagi para pedagang yang sukses, kemampuan untuk "melakukan" ini adalah bawaan dan tidak ada masalah. Untuk sebagian besar, bagaimanapun, "melakukan" adalah tantangan yang membuat keberhasilan perdagangan sulit dipahami.

Alasannya adalah kepercayaan. Strategi perdagangan harus didasarkan pada fondasi kebenaran untuk berhasil. Kesadaran pasar yang baik memungkinkan Anda untuk "melihat" kebenaran lebih jelas sehingga Anda lebih percaya diri "melakukan" dan melaksanakan taktik yang tepat.

Bagaimana Anda meningkatkan kesadaran pasar Anda dan mulai mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan jalan menuju kesuksesan? Pahami dirimu sendiri dengan lebih baik.

Kamu siapa?

Kepribadian tidak hanya memengaruhi cara kita bergerak dan merespons di lingkungan kita; itu juga menyebabkan kita bertindak dengan cara tertentu yang tercermin dalam metode perdagangan kami. Dengan memahami kepribadian Anda, Anda lebih mampu mengubah perilaku yang merugikan perdagangan Anda dan membuat rencana perdagangan yang mendukung perilaku yang Anda miliki.

Profil kepribadian adalah alat manajemen pengetahuan yang digunakan untuk mengevaluasi atribut pribadi seorang pedagang, nilai-nilai dan kecakapan hidup dalam upaya untuk memaksimalkan kinerjanya. Pertanyaan dalam tes profil kepribadian (tersedia online atau dari profesional) dirancang untuk mencari informasi tentang temperamen trader, metode pengambilan keputusan, gaya perdagangan, sikap umum dan komitmen terhadap pekerjaan, bersama dengan pertimbangan kualitas hidup.

Kemudian, setelah Anda memahami keahlian alami Anda, Anda dapat menemukan pendekatan perdagangan untuk dicocokkan. Misalnya, orang yang berhati-hati mungkin lebih suka mengikuti tren jangka panjang sementara seseorang yang lebih spontan mungkin lebih memilih perdagangan harian. Meskipun perilaku dapat dimodifikasi, inti dari siapa Anda sulit berubah. Mengapa memaksakan diri menjadi sesuatu yang bukan dirimu? Sebaliknya, kembangkan rencana yang dibangun untuk meningkatkan kekuatan Anda dan mendukung kelemahan Anda.

Salah satu alasan banyak pedagang berjuang adalah bahwa mereka percaya mengikuti rencana perdagangan yang berhasil untuk orang lain akan bekerja untuk mereka. Tapi, itu tidak sering terjadi. Alasannya adalah bahwa strategi yang mereka terapkan dirancang di sekitar kepribadian pedagang lain bukan milik mereka sendiri. Anda unik, dan jalan menuju kesuksesan Anda akan menjadi milik Anda sendiri.

Apa Rencana Perdagangan Bekerja Untuk Anda?

Rencana perdagangan mendefinisikan aturan untuk program perdagangan Anda. Dan, menyelaraskannya dengan kepribadian Anda membuatnya lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk diikuti. Anggap saja sebagai rencana bisnis perdagangan Anda yang memungkinkan Anda untuk membuat keputusan perdagangan, mengukur hasil Anda dan mengukur peningkatan Anda. Tidak ada rencana yang menjamin kesuksesan. Namun, rencana yang bagus — ketika Anda mematuhinya — akan memberikan konsistensi dan memungkinkan Anda untuk tetap bermain jauh lebih lama daripada mencoba untuk berdagang tanpa rencana.

Ketika mengembangkan rencana perdagangan, pikirkan dalam hal perkembangan Anda sebagai seorang pedagang, sebagai lawan memikirkan tujuan keuangan murni. Dengan mengembangkan diri Anda sebagai pedagang pertama, Anda dapat mengidentifikasi metode yang berhasil untuk Anda dan membuat struktur yang memanfaatkan peluang yang disajikan. Putuskan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Hadiahi diri Anda sendiri setelah Anda melakukannya dengan cara yang spesifik dan berarti bagi Anda.

Yang penting, rencana perdagangan bukanlah strategi perdagangan, meskipun rencana yang baik selalu mengandung strategi. Sebaliknya, rencana perdagangan adalah rencana yang disesuaikan dengan kepribadian, kemampuan, dan sumber daya Anda. Yang terbaik adalah mengembangkan rencana perdagangan Anda di sekitar tiga faktor utama:

  1. Motivasi
  2. Risiko
  3. Penghargaan

1. MOTIVASI

Trading For Living
Mengapa Anda ingin menjadi pedagang?

Maaf. “Untuk menghasilkan uang” bukanlah jawabannya. Ini bukan pribadi untuk Anda dan, oleh karena itu, itu tidak membantu untuk rencana perdagangan Anda. Semua orang ingin menghasilkan uang. Anda harus menggali lebih dalam untuk menemukan motivasi sejati Anda. Dan, Anda mungkin tidak menyukai apa yang Anda lihat.

Mungkin Anda termotivasi oleh kegembiraan. Anda telah melihat pedagang lantai di televisi atau di ruang perdagangan di film dan menginginkan gairah yang sama. Tetapi kegembiraan yang tidak terkendali dapat dengan mudah menyebabkan bencana. Mungkin Anda termotivasi oleh keserakahan. Anda telah mendengar cerita tentang pedagang yang membuat uang dalam jumlah yang sangat besar dalam satu hari dan ingin mendapatkan uang tunai juga. Tetapi keserakahan yang tak terkendali sering kali dibalas dengan kekecewaan yang luar biasa. Atau, mungkin Anda termotivasi oleh fantasi. Anda sudah membaca tentang perdagangan melalui laptop dan menghirup sampanye di pulau-pulau. Tapi fantasi bukanlah kenyataan.

Untuk mengembangkan rencana perdagangan yang baik, Anda harus mempertanyakan motivasi sejati Anda. Apakah Anda yakin bahwa perdagangan adalah bisnis yang tepat untuk Anda? Jika Anda percaya bahwa pasar ada untuk tujuan tunggal menghujani Anda dalam jumlah besar uang mudah - maka pikirkan lagi. Perdagangan BUKAN merupakan opsi yang mudah. Usaha yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis perdagangan harus dihormati.

Jangan pura-pura menjadi seseorang yang bukan dirimu. Jujurlah pada diri sendiri untuk mengungkap motivasi, ketakutan, dan keinginan nyata yang mendorong ambisi Anda. Beberapa di antaranya akan berguna saat melakukan perdagangan, tetapi yang lain tidak. Terima saja mereka, sebagai pikiran dan emosi yang Anda miliki secara alami. Mereka bukan masalahnya. Tapi, bagaimana Anda membiarkan mereka memengaruhi perdagangan Anda bisa menjadi masalah. Rencana perdagangan Anda akan membantu Anda mengukur seberapa banyak Anda mengizinkan motivasi Anda — baik positif maupun negatif — untuk memengaruhi hasil perdagangan Anda. Untuk memastikan bahwa pengaruh motivasi Anda adalah keuntungan, Anda harus mulai dengan memeriksa alasan nyata Anda untuk berdagang dan, semoga, belajar lebih banyak tentang diri Anda dalam prosesnya.

2. RISIKO

Bagaimana sikap Anda terhadap risiko? Jawabannya adalah titik awal yang baik untuk memastikan bahwa perasaan Anda tentang risiko sesuai dengan gaya perdagangan Anda dan rencana perdagangan Anda.

Pendapat tentang risiko bervariasi. Beberapa pedagang menganggap pasar sebagai kentang panas - semakin lama Anda memegang posisi, semakin besar kemungkinan terbakar. Bagi para pedagang ini, risiko pasar diukur dengan jumlah waktu Anda di pasar. Kemudian, ada banyak pedagang yang merasa jauh lebih bahagia dan tidur lebih nyenyak di malam hari dengan memegang posisi menengah hingga jangka panjang.

3. HADIAH

Apa target penghasilan Anda? Penting untuk mengetahui target keuangan Anda dan kemudian memecahnya ke dalam kerangka waktu mingguan dan harian untuk melihat apakah mereka realistis. Tak perlu dikatakan, jika strategi Anda hanya menghasilkan 5% per bulan, itu kontraproduktif untuk memiliki target 1% per hari. Target Anda tidak bisa menjadi fantasi kosong; mereka harus didasarkan pada hasil dari menguji strategi perdagangan Anda baik ke belakang dan ke depan.

Menetapkan tujuan adalah bagian penting untuk berhasil pada apa pun yang berharga. Oleh karena itu, sasaran pendapatan adalah bagian besar dari rencana perdagangan Anda karena mereka memberi Anda tidak hanya dengan tujuan yang berarti untuk dikerjakan, tetapi juga cara untuk melacak kemajuan Anda.

Menempatkan Rencana Dagang Anda Bersama
Setiap jalur trader adalah unik. Membangun rencana dan strategi perdagangan berdasarkan kekuatan kepribadian Anda dan toleransi risiko akan memberikan kesempatan terbaik untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Kesadaran

Peningkatan kesadaran tentang bagaimana Anda menanggapi kondisi pasar memberi Anda wawasan dalam mengembangkan strategi untuk menangkap peluang. Dengan mengetahui diri sendiri dan respons Anda sendiri terhadap perilaku pasar tertentu, Anda memahami pasar dengan lebih baik dan mampu mengidentifikasi perubahan dalam kondisi pasar dan menerapkan strategi yang tepat dengan lebih cepat.

Bentuk Strategi Anda

Kesadaran menyediakan alat manajemen pengetahuan untuk mengembangkan strategi dengan membuat template keputusan berdasarkan kebenaran. Jawaban atas pertanyaan seperti ini membentuk fondasi strategi yang akan Anda kembangkan:

Apakah Anda suka berdagang dengan momentum atau menentangnya?
Jika Anda suka berdagang melawan tren, apakah Anda ingin memanfaatkan giliran awal atau apakah Anda lebih suka menunggu pembalikan yang dikonfirmasi?
Apakah Anda seorang trader directional, atau Anda lebih suka mendasarkan strategi Anda pada pergerakan volatilitas?
Apakah Anda selalu perlu "terlibat," atau apakah Anda lebih suka strategi yang lebih selektif yang hanya melakukan perdagangan beberapa kali sehari?
Apakah Anda lebih suka pendekatan mekanis, otomatis atau lebih banyak "kursi dari celana" perdagangan diskresioner?
Optimalkan Rencana Perdagangan Anda

Begitu taktik strategi Anda telah ditetapkan, strategi itu harus dioptimalkan untuk kondisi pasar saat ini — dan terus-menerus dioptimalkan kembali seiring perubahan kondisi pasar. Misalnya, jika Anda memiliki taktik penyimpangan yang menggunakan beberapa osilator dalam periode waktu yang berbeda untuk mengidentifikasi pembacaan yang sangat overbought / oversold dan bekerja dengan baik di pasar samping, bagus! Namun, strategi harus dimodifikasi ketika pasar menjadi tren.

Mempertahankan fokus fakta obyektif adalah kunci untuk menciptakan templat keputusan untuk rencana perdagangan yang kuat. Rencana perdagangan Anda seharusnya tidak hanya menyelaraskan taktik Anda dengan kondisi pasar saat ini, tetapi juga risiko / parameter hadiah Anda.

Dapatkan Signal Trading Gratis Via Email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel